π—•π—¨π—žπ—”π—‘ π—£π—’π—Ÿπ—œπ—§π—œπ—¦π—œ

Saya termasuk orang yang sangat “terbelakang” dalam politik praktis dibanding teman-teman saya dari komunitas dan jaringan mahasiswa dulu. Maka hingga saat ini saya tidak pernah memilih untuk menjadi anggota salah satu partai politik di Indonesia.

Meski demikian, ketertarikan saya pada Politik Gagasan, Demokratisasi, Kemanusiaan dan Lingkungan masih melekat. Maka siapapun yang saya lihat memiliki karakter itu atau memiliki kesamaan dalam politik gagasan, bagi saya adalah sahabat sekaligus guru dalam pilihan dan prinsip-prinsip kehidupan.
Saya tidak perduli seseorang tersebut dari latar belakang partai politik mana, ormas mana, atau NGO mana. Yang penting seseorang yang "konsisten antara perkataan dan perbuatan" maka dia adalah sahabat sekaligus guru yang akan mendatangkan kebahagiaan bagi saya.
Kebahagiaan itu bagi saya juga amat sederhana. Bukan seberapa besar akses terhadap kekuasaan, bukan seberapa besar jaringan ke lingkaran elite politisi, bukan seberapa besar akses ekonomi atas pergaulan dengan politisi. Tapi seberapa besar peluang kita tertawa dan berdiskusi bersama dengan seorang figur menyangkut masalah-masalah mendasar dalam kehidupan. Seberapa besar peluang kita membangun gagasan bersama yang harus diperjuangkan dalam kehidupan nyata. Terutama tentang Humanisme, Demokrasi dan Lingkungan Hidup.
Jika teman-teman melihat saya beberapa bulan terakhir sangat serius membangun gerakan menangkan gagasan #KDMcapres2024, ini bukan soal kepentingan pragmatis politik dan politisi. Bukan soal diri Kang Dedi Mulyadi secara personal atau sebagai ambisi politisi. Tetapi sebagai bentuk dukungan atas kinerja, gagasan dan perjuangan KDM dalam isu dan problem mendasar di tengah-tengah rakyat sejak puluhan tahun lalu hingga saat ini. Saya dan teman-teman berkesimpulan, apapun yang dilakukan oleh KDM hanya akan menyelesaikan masalah hilir. Masalah hulunya sebagai masalah utama adalah "Masalah Keberpihakan Negara" lewat kebijakan nasional yang dipimpin oleh Kepala Negara sekaligus kepala pemerintahan.
Maka, kalau ada yang bertanya soal bargaining, soal apa perintah, atau apa petunjuk? Jawaban saya sorry boss, saya bukan politisi yang bertarung untuk memenangkan kursi kekuasaan. Tetapi saya adalah orang yang terbuka dengan siapapun bersama-sama dalam sebuah idealisme, membangun gagasan bersama. Gagasan tersebut adalah KDMcapres2024. Seperti apa penjabaran gagasan ini, Anda bisa lihat di posting'an saya sebelumnya.
Atau bisa inbox nomor WA Anda, agar kita diskusikan gagasan itu lebih mendalam lagi. Bersama seluruh teman-teman yang saat ini sudah ada di beberapa provinsi.
“Mulailah persahabatan itu tanpa didorong oleh latar belakang profesi seseorang, atau tanpa motivasi lain selain persahabatan itu sendiri. Niscaya tertawa bersama akan terjadi, meskipun tidak sedang menonton komedi”
Jakarta, 29 November 2021.
Juson Simbolon
FOR_KDM
Satrio Bushido Library
Sumber Foto: Kiriman Teman Alumni Formadas di Grup WA

Tidak ada komentar